Skip to content

Apa Itu Sales Force Automation Dan Fungsinya Untuk Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Hanoman Indonesia System – Sales merupakan ujung tombak dari setiap perusahaan dimana memberikan pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya merupakan tujuan dari setiap perusahaan dan sales memegang peranan penting dalam hal tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya perusahaan kegiatan untuk mengelola dan memaksimalkan fungsi sales menjadi sangat rumit dan melelahkan. Untuk itu, perusahaan membutuhkan sebuah tools otomasi untuk lebih mempermudahnya dan tools itu biasa disebut dengan Sales Force Automation atau biasa disingkat SFA.

Untuk beberapa perusahaan Sales Force Automation merupakan sesuatu yang awam digunakan, akan tetapi untuk sebagian lainnya lagi hal ini merupakan hal baru yang belum banyak diketahui. Untuk itu berikut ini hanoman indonesia system akan membahas semua hal terkait sales force automation yang wajib untuk anda ketahui. Yuks, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Sales Force Automation?

Sales force automation adalah sebuah tools atau platform yang membantu perusahaan mengotomatisasi manajemen penjualan. tools ini menyediakan alur kerja otomatis dalam pengelolaan operasional tim sales yang seringkali repetitif dalam administrasinya sehingga bisa mempercepat closing deal dan mendorong proses penjualan yang lebih cepat dan efisien.

Anda bisa menggunakannya untuk mengatur daftar aktivitas sales, mengelola jalur penjualan, membuat pelacakan, mengakses data dan dokumen penjualan serta menerima laporan dan analitik penjualan secara otomatis. Secara keseluruhan, hal ini dapat mendorong peningkatan pendapatan dan produktivitas perusahaan dengan biaya yang rendah.

Selain itu hal ini juga berkaitan dengan sales performance management, sebab aktivitas sales monitoring dan sales tracking mendorong peningkatan performa tim sales agar bisa memaksimalkan waktu kerja mereka untuk mencapai closing deal sebanyak-banyaknya. Tim sales tidak lagi direpotkan dengan urusan administratif dan bisa fokus pada hubungan pelanggan.

 

Alasan Mengapa Sales Force Automation Penting Bagi Perusahaan

Sekarang Anda sudah memahami dengan jelas apa itu sales force automation. Selanjutnya, mari membahas alasan mengapa hal ini menjadi bagian penting dari perusahaan yang ingin mengoptimalkan pendapatan secara efisien dan berkesinambungan.

Efisiensi Waktu

Sales force automation mengambil alih tugas-tugas yang dulu dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang lama. Melalui hal ini, laporan data pelanggan, jadwal kunjungan sales dan data digital penjualan bisa diakses secara real-time dengan ponsel Anda. Update data pun bisa dilakukan kapan dan di mana saja, sehingga mengefisiensi waktu sales sekaligus menghemat tenaga dan biaya.

Pemantauan Sales Secara Real Time

Monitoring sales bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena sebagian besar wilayah kerja mereka bukan di kantor. Anda bisa melacak keberadaan dan aktivitas kunjungan harian mereka secara online, sehingga korupsi waktu bisa dicegah. Apabila ditemukan sales yang membuang-buang waktu, Anda pun bisa mengidentifikasi hal tersebut dan mengambil tindakan yang tepat.

Mengetahui Perkiraan Tren Penjualan

Sistem ini dapat membantu Anda untuk membandingkan data penjualan sebelumnya dan saat ini. Data yang Anda butuhkan akan ditampilkan dalam bentuk statistik yang mudah dipahami sehingga membantu Anda memperkirakan peluang untuk penjualan kedepannya. Pola penjualan pun bisa difokuskan agar sesuai dengan preferensi pelanggan.

Penyimpanan Cloud yang Aman

Manfaat selanjutnya adalah keamanan dan keakuratan. Data digital penjualan tim sales disimpan pada sistem cloud yang sudah terkomputerisasi dengan aman. Tindakan kecurangan atau fraud dapat dicegah, semua dokumen bisa diakses kapanpun saat dibutuhkan. Tim sales akan merasa aman sebab tidak lagi dihantui risiko kesalahan data dan kehilangan dokumen fisik.

Meningkatkan Omzet Penjualan

Manfaat ini dapat Anda rasakan setelah mampu memaksimalkan waktu kerja tim sales. Waktu yang biasanya terbuang akibat administrasi repititif bisa Anda alihkan untuk fokus mencapai closing deal sebanyak mungkin. Sehingga, hampir seluruh waktu tim sales dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk aktivitas penjualan. Tim sales pun bisa melakukan kegiatan cross-selling dan upselling secara efektif.

Pemantauan Stock Product

Selain beberapa fitur yang sudah awam tersedia pada sales force automation. Beberapa vendor penyedia layanan ini juga menyedia fitur pemantauan stock product yang sangat dibutuhkan, terutama Out Of Stock Alert (OOS Alert), dimana tools tersebut dapat berguna sebagai indikator pemantauan stock product yang tersedia. Akan tetapi fitur ini belum tentu tersedia pada semua vendor. untuk menggunakan fitur ini, hanoman indonesia system dapat menjadi pilihan yang dapat anda gunakan.ini

 

Baca Juga :

Hubungan Antara SFA Dengan CRM

Setelah melihat penjelasan detail diatas, pasti anda akan melihat banyak kemiripan antara sales force automation dan customer relationship management (CRM). lalu, apakah perbedaan diantara keduanya ? Ternyata perbedaan keduanya ada pada fokus aktivitasnya. Penggunaan aplikasi SFA dilakukan untuk fokus customer acquisition, artinya bertujuan meningkatkan pendapatan melalui klien yang sudah ada dan masih prospek. sistem ini sudah digunakan sedari awal saat menarik seseorang menjadi pelanggan melalui proses penjualan yang efisien dan transparan berkat fitur-fitur otomatisasi.

Sedangkan penggunaan aplikasi CRM dilakukan untuk fokus customer retention, artinya bertujuan untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan membuat mereka tetap melakukan transaksi dengan perusahaan Anda. Banyak industri yang mengimplementasikan CRM untuk mendukung pertumbuhan penjualan mereka.

SFA adalah salah satu pendekatan khusus berbentuk teknologi aplikasi untuk menunjang sistem CRM tersebut. Tujuan akhirnya, pelanggan yang sudah diakuisisi dipertahankan melalui manajemen hubungan pelanggan yang baik. Oleh sebab itu, integrasi SFA dan sistem CRM sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Secara khusus, juga turut meningkatkan produktivitas tim sales. Dilansir dari Teknologi.id, aplikasi SFA memungkinkan perusahaan mendapat 10 kali lebih pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama hingga persentase 70%.

Aplikasi SFA Terbaik Hanoman Indonesia System

Sales Force Automation merupakan tools yang sangat penting digunakan untuk mendorong penjualan dan produktivitas perusahaan, terutama untuk perusahaan FMCG. untuk itu hanoman indonesia system hadir sebagai platform sales force automation terbaik yang memiliki segudang fitur yang dapat digunakan. Mulai dari absensi online, live tracking sales, itinerary, HR system, dan banyak lagi lainnya termasuk 14 menu report yang sangat berguna untuk perusahaan.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Hanoman indonesia system telah menyempurnakan security layer dari aplikasinya, sehingga dapat meminimalisir kecurangan dari penggunaan fake GPS, fake gallery dan fake waktu. Selain itu hanoman indonesia juga memiliki beragam fitur pendukung seperti export data menjadi CSV, transfer data melalui FTP, sampai dengan custom dashboard yang fiturnya dapat digunakan secara menyeluruh ataupun sebagian.

Jadi tunggu apalagi, maksimalkan potensi penjualan dan tingkatkan value perusahaan anda dengan Hanoman Indonesia System.

API key not valid, or not yet activated. If you recently signed up for an account or created this key, please allow up to 30 minutes for key to activate.

Baca article menarik lainya dari
Hanoman Indonesia System