Skip to content

Apa Itu Perusahaan FMCG ? Yuk Kita Kenali Pengertian, Produknya Dan Contohnya

Facebook
Twitter
LinkedIn

Hanoman Indonesia System – Kata perusahaan FMCG mungkin mungkin sudah sering kita dengar, terutama pada media social profesional seperti linkedin ataupun job portal. Namun apakah anda sudah mengetahui apa itu perusahaan FMCG ? secara arti kata, FMCG merupakan singkatan dari Fast Moving Consumer Goods, sehingga perusahaan FMCG bisa deiartikan sebagai Perusahaan yang memproduksi dan memasarkan barang konsumsi dengan pergerakan yang cepat dengan harga murah. Biasanya produk FMCG juga dikenal dengan istilah consumer packaged goods atau produk kemasan.

Semua barang yang diproduksi umumnya tidak memiliki daya tahan yang lama karena memang diperuntukkan kebutuhan sehari-hari konsumen. Contohnya, susu tidak mungkin disimpan lebih dari seminggu karena akan menjadi basi. Karena itu, produk akan cepat habis dan memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi.
Tujuan utama perusahaan FMCG adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum. Maka dari itu, perusahaan FMCG umumnya menjangkau pasar internasional karena pada dasarnya, semua orang memiliki kebutuhan sehari-hari yang serupa.

Untuk lebih detailnya, inilah beberapa contoh produk FMCG, yaitu:

  1. Makanan Siap Saji, contohnya seperti kentang goreng, nugget, dan mie instan.
  2. Pastry, misalnya seperti makanan ringan manis, kue, dan donat.
  3. Makanan Olahan, contohnya seperti produk sereal, sarden, keju, dan kornet.
  4. Produk Pembersih, contohnya pembersih lantai, sabun cuci piring, dan pembersih kaca.
  5. Makanan Segar dan Beku, misalnya sayuran, buah-buahan, dan daging.
  6. Minuman, contohnya minuman berenergi, air mineral, dan jus kemasan.
  7. Obat-obatan, produk obat-obatan yang bisa dibeli tanpa resep dokter seperti obat sakit kepala dan obat cacing.
  8. Kosmetik dan Peralatan Mandi, seperti sabun mandi, shampoo, pasta gigi, dan bedak.
  9. Perlengkapan ATK (Alat Tulis Kantor), contohnya pensil, pena, buku, nota kontan, dan map.

Perusahaan FMCG memiliki usia produk rata-rata yang pendek dan margin-nya tidak besar, maka mereka harus menjual produk sebanyak dan seefisien mungkin. Oleh karena itu, mereka membutuhkan kehadiran sales executive untuk mewujudkan strategi bisnis tersebut. Selain itu, perusahaan FMCG juga harus memikirkan dampak lingkungan dari kemasan produk mereka. Misalnya, berusaha mengadakan program daur ulang kemasan bekas produk mereka sebagai bagian dari CSR.

Baca Juga :

Ciri Perusahaan FMCG

  • Dinamis, bergerak cepat dan terus
  • berinovasi inovasi untuk menjawab permintaan pasar
  • Industri yang beragam
  • Stabil
  • Nasional & Internasional
  • Memiliki pabrik produksi
  • Menyerap banyak tenaga kerja
  • Jalur distribusi nasional sampai dengan international
  • Productnya mudah ditemukan

Beberapa Contoh Perusahaan FMCG

1. Unilever Indonesia

Perusahaan Unilever merupakan salah satu perusahaan FMCG terbesar di dunia. Mengingat fokus utamanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari berbagai penghujung dunia, maka perusahaan ini bersifat multinasional. Contoh produk yang cukup terkenal adalah Rinso, Molto, Royco, Lifebuoy, dan Pepsodent.

2. Indofood

Indomie adalah jenama dari produk mie instan yang kini sudah mendunia. Produk Indomie diproduksi oleh perusahaan FMCG Indofood. Perusahaan FMCG asli Indonesia ini juga memproduksi produk Indoeskrim, Popmie, Susu Indomilk, Bimoli, Segitiga Biru, dan Pasta LaFonte.

3. Johnson & Johnson

Perusahaan Johnson & Johnson adalah perusahaan FMCG multinasional yang berasal dari Amerika. Johnson & Johnson memproduksi peralatan medis, farmasi, hingga perawatan bayi. Contoh produknya yang populer di Indonesia Johnson’s Baby, Mylanta, Combantrin, dan Listerine.

4. Procter & Gamble

Sama seperti Johnson & Johnson, Procter & Gamble atau P&G adalah perusahaan FMCG multinasional dari Amerika Serikat. P&G memproduksi produk perawatan bayi, perawatan kecantikan, farmasi, hingga produk perawatan rumah. Jenama yang terkenal adalah Pampers, Pantene, Rejoice, Sangobion, Gillette, dan Olay.

5. Nestle

Tak kalah populer dari para kompetitornya, perusahaan Nestle adalah perusahaan FMCG multinasional yang berasal dari Swiss. Perusahaan tersebut terkenal karena memproduksi olahan susu dan sereal. Contoh produknya adalah Milo, Dancow, Koko Krunch, Bear Brand, KitKat, dan Nescafe.

6. Mayora

Indonesia juga memiliki perusahaan FMCG yang cukup populer di dalam negeri yaitu Mayora Indah. Perusahaan ini terkenal karena produk biskuit dan snack manis yang mereka produksi. Contohnya adalah Beng Beng, Choki-Choki, Energen, Kopi Torabika dan Kopiko.

7. Wings

Contoh perusahaan FMCG lainnya di Indonesia adalah Wings atau Wings Surya. Perusahaan ini bergerak dalam memproduksi berbagai macam kebutuhan masyarakat mulai dari makanan, minuman, hingga produk pembersih. Contoh produknya adalah Mie Sedaap, Ale-Ale, Deterjen Daia, Nuvo, Giv, dan So Klin.

Beberapa Keahlian Yang Dicari Oleh Perusahaan FMCG

Keahlian teknologi

Berhubung semakin banyak pabrik yang menggunakan mesin otomatis, maka keahlian teknologi dibutuhkan di sini.

Keahlian ilmu lintas disiplin

Contoh: meskipun Anda lihai dalam bidang sales, pelajarilah beberapa bidang lain yang terkait, seperti: riset pemasaran, pemasaran produk, hingga inovasi produk.

Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan

Berhubung industrinya dinamis dan bergerak serba cepat, kemampuan mengambil keputusan secara cepat juga sangat penting. Tidak hanya cepat, sebaiknya keputusan tersebut juga tepat. Jadi, karyawan ideal untuk FMCG adalah yang fleksibel, sigap dalam mengatur waktu, dan punya keterampilan organisasi yang baik.

Kemampuan untuk menganalisis berbagai masalah

Sebaiknya tidak melulu bergantung pada data analyst saat membaca data. Manajer dan staf senior membutuhkan perspektif berbeda dari tiap karyawan terkait data penjualan dan lain-lain.

Kemampuan untuk menjadi persuasif

Berhubung saingan banyak, Anda harus bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli dan tetap setiap dengan produk perusahaan Anda.Bekerja di FMCG adalah pengalaman untuk banyak belajar di tempat kerja yang serba dinamis. Siap melamar kemari?

API key not valid, or not yet activated. If you recently signed up for an account or created this key, please allow up to 30 minutes for key to activate.

Baca article menarik lainya dari
Hanoman Indonesia System