Hanoman Indonesia System – Kunjungan Sales atau sales visit merupakan salah satu aktivitas utama yang dilakukan oleh seorang sales terutama pada perusahaan FMCG. selain melakukan monitor terhadap perkembangan produk di lapangan, kunjungan sales yang dilakukan secara rutin terbukti dapat meningkatkan penjualan. Akan tetapi banyak hal yang harus disiapkan sebelum melakukan hal tersebut, pada artikel kali ini kami akan memberikan 10 cara memaksimalkan kunjungan toko yang perlu anda ketahui.
Tentukan Target Penjualan
Sebelum kunjungan sales dilakukan, sebaiknya anda dapat mengukur dan membuat target dengan jelas dan spesifik. Jadikan target tersebut sebagai acuan seluruh sales yang melakukan kunjungan. Dengan mengetahui apa yang ingin dicapai, hal ini akan menjadi motivasi dan acuan untuk untuk seluruh team sales untuk bekerja seoptimal mungkin.
Buat Rencana Kunjungan & Aktivitas
Pastikan Anda telah membuat rencana kunjungan dan aktivitas yang akan dilakukan. Jika Anda berencana untuk melakukan kunjungan toko di suatu tempat, buat daftar toko yang ada di sekitar lokasi tersebut dan upayakan untuk mengunjungi semua yang ada dalamnya. Buat juga rencana aktivitas lain yang sekiranya bisa dilakukan hari itu. Rencana kunjungan dan aktivitas ini juga bisa membantu Anda mengelola waktu dengan baik.
Hindari Datang Pada Jam Sibuk
Ketika melakukan kunjungan toko, cobalah untuk memperhatikan jam sibuk dari masing-masing toko. Hindari datang pada jam istirahat, karena biasanya saat itu toko ramai pembeli. Datanglah pada jam-jam toko lenggang agar fokus mereka tidak terpecah.
Berdasarkan penelitian, transaksi paling sering terjadi pada pagi hari (jam 8-10) dan sore hari (jam 4-6), waktu yang nyaman bagi mereka. Begitu pula dengan hari kunjungan, pada pertengahan dan akhir minggu (Rabu dan Jumat), pelanggan cenderung lebih responsif dibandingkan pada hari lainnya.
Lakukan Pendekatan Personal ke PIC Outlet
Banyak salesman yang hanya “berbasa-basi” dengan pelanggan ketika melakukan transaksi. Padahal, menjalin koneksi erat dengan para PIC outlet itu sangat penting. Pelanggan cenderung lebih sering membeli dari penjual/salesman yang mereka merasa dekat.
Team sales juga bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mengucapkan salam, berjabat tangan maupun menanyakan kabar kepada PIC outlet. Jangan lupa tersenyum, dan gunakan bahasa tubuh yang ramah. Hal ini dapat memberikan impresi yang baik dan membuat mereka lebih nyaman.
Baca Juga :
Pelajari Informasi Perusahaan Pelanggan
Selalu lakukan riset sebelum memulai kunjungan. Melakukan kunjungan tanpa mengetahui latar belakang target prospek akan membuat kemungkinan gagal lebih besar. Dengan mengetahui latar belakang pelanggan, seperti berapa banyak outlet yang mereka punya, nama pemilik dan PIC outlet, dan sebagainya, akan memberikan impresi baik kepada pelanggan, membuat mereka merasa bahwa team sales anda memperhatikan dan mempersiapkan kunjungan dengan baik.
Pahami Product Knowledge Dengan Baik
Seorang sales harus memahami betul produk yang dijualnya. Sebab, bagaimana bisa sales mempersuasi pelanggan untuk membeli produk, jika ia sendiri tidak tahu tentang produk yang ia jual? Oleh karena itu, sales wajib menguasai produk dan kelebihannya agar pelanggan terpengaruh dan tertarik serta dapat menjawab pertanyaan yang mungkin mereka ajukan.
Cari Tahu Perilaku Pelanggan
Amati karakteristik pelanggan yang akan dikunjungi, cari tahu sifat dan pola yang biasa mereka lakukan saat membeli suatu produk. Apakah mereka tipikal yang senang berbasa-basi sebelum bertransaksi? Apakah tipikal yang mudah terbuai dengan diskon? Atau justru tipikal yang ‘straight to the point’? Promosikan produk dengan cara yang paling sesuai dengan tipe kepribadian mereka. Dengan ini, kemungkinan produk terjual akan lebih tinggi.
Aktif Bertanya & Gali Kebutuhan Pelanggan
Seorang salesman harus aktif bertanya untuk lebih mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggannya. Bisa saja pelanggan tidak tahu bahwa ternyata mereka membutuhkan sesuatu, sampai Anda membahas dan menanyakan pertanyaan tersebut. Nah disinilah kesempatan Anda untuk menyadarkan mereka pentingnya produk Anda. Ajukan pertanyaan yang memancing masalah yang mereka punya lalu berikan solusi, yaitu produk Anda.
Lakukan Evaluasi Berkala
Lakukanlah evaluasi setiap kali mengunjungi toko, secara rutin. Cari tahu pola masing-masing toko, cara penjualan seperti apa yang berhasil dan tidak. Gunakan hasil evaluasi tersebut untuk membentuk strategi penjualan terbaik untuk kunjungan toko selanjutnya.
Gunakan Aplikasi Sales Force Automation
Mengelola kunjungan sales merupakan sesuatu terbilang gampang-gampang sulit, dan fraud merupakan salah satu faktor yang paling merepotkan. Banyaknya potensi kelalaian dan kecurangan yang dilakukan oleh oknum sales merupakan salah satu masalah yang menjadi faktor terciptanya fraud. Beberapa kecurangan yang biasa terjadi meliputi. Mangkir ataupun bolos dalam kunjungan, Pembuatan laporan palsu, sampai dengan mengisi laporan visit dengan asal-asalan.
Untuk itu penggunaan Aplikasi Sales Force Automation menjadi hal yang sangat direkomendasikan. salah satu diantaranya dengan menggunakan aplikasi dari hanoman indonesia system dimana aplikasi hanoman merupakan aplikasi yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki security layer yang sangat lengkap. Mulai dari anti fake GPS, fake gallery, dan fake waktu sehingga kecurangan yang mungkin dilakukan akan lebih diminimalisir dan data yang didapat merupakan data yang valid.
Terima kasih telah membaca 10 cara memaksimalkan kunjungan sales. Semoga tips yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memaksimalkan kunjungan sales anda. Dan untuk hasil yang lebih baik, gunakanlah hanoman indonesia system sekarang. Dan dapatkan segudang fitur terbaik yang dapat meningkatkan penjualan dan menambah value dari perusahaan anda