Skip to content

Cara Memantau Kinerja Sales Lapangan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Hanoman Indonesia System – Sales monitoring dan memantau kinerja sales merupakan sesuatu yang sangat vital dilakukan untuk mencapai target penjualan. Akan tetapi memantau kinerja sales bukanlah yang yang dibilang mudah, banyak hal yang perlu di lakukan dan dipantau untuk memastikan semua berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.

Sebagaimana yang kita ketahui, banyak kendala dan kesulitan yang dihadapi sales yang menyebabkan target tidak terpenuhi. Jadi sales berperan memberikan solusi, bukan hanya target setiap harinya. Nah, sebenarnya bagaimana cara memantau kinerja sales lapangan yang baik ? Apa yang yang harus dicek dan di pantau? Simak ulasan berikut.

Diagram Diatas merupakan gambaran dari urutan proses yang biasa dilakukan untuk saran pembantu pengecekan sales kinerja sales lapangan. Cara ini dapat menjadi alternatif agak proses pemantauan kinerja sales lapangan lebih terarah. Berdasarkan diagram diatas ada 6 poin penting yang dapat dijadikan patokan dasar proses pemantauan sales lapangan yang dimulai dari sales plan, selling process, stock, target, dan client.

Baca Juga :

Metode Sales Monitoring

Sekarang ini terdapat dua metode yang dapat digunakan yaitu metode konvensional dan digital ( Teknologi ). Dimana metode mengunakan digital atau tekhnologi merupakan metode yang paling banyak digunakan saat ini. Karena selain dapat mempercepat proses pengerjaan, metode ini juga memberikan banyak fitur lain yang dapat memberikan solusi untuk segala permasalahan yang dihadapi. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

1. Cara Monitoring Sales Konvensional

Monitoring sales konvensional dilakukan menggunakan teknik atau cara lama untuk memantau kerja sales. Cara penilaian konvensional biassnya dilakukan dengan melakukan pengecekan secara offline atau langsung kepada salesnya, seperti melakukan proses wawancara maupun menggunakan laporan mingguan atau bulanan. Selain cara yang biasa dilakukan dengan mengadakan meeting briefing di pagi hari dan meeting di sore hari membahas hasil. Dimana dengan menggunakan metode ini akan memerlukan banyak proses, tenaga dan waktu yang dibutuhkan

Beberapa alasan kenapa cara ini masih dilakukan adalah karena lebih murah atau minimnya informasi mengenai teknologi digital tentang pemantauan sales. Cara ini memang masih bisa digunakan dalam usaha yang memiliki lingkup kecil yang mungkin memiliki sales kurang dari 10 orang. Namun untuk perusahaan besar dengan jumlah sales dan penjualan tinggi tentunya cara ini kurang efektif digunakan, selain menyita banyak waktu juga membuat pekerjaan tidak ringkas. Sebelum adanya teknologi cara ini masih relevan untuk dilakukan, namun sekarang ini akan lebih mudah jika memaksimalkan teknologi yang ada.

2. Cara Monitoring Sales Menggunakan Teknologi

Monitoring Sales Menggunakan Teknologi merupakan cara yang paling banyak digunakan saat ini, hal ini ditandai dengan sudah banyak bermunculannya platform sales monitoring dengan berbagai macam fitur dan pilihan harga. Selain itu aplikasi atau software monitoring ini sangat membantu proses monitoring sales karena menggunakan sistem berbasis cloud dan CRM. Dimana software ini bisa menyimpan data secara mudah dan otomatisasi, yang membuat proses jauh lebih cepat.

Bagaimana sih cara menilai kinerja sales hanya dari software atau aplikasi?

Perlu diketahui penggunaan software ini merupakan integrasi pemakaian antara manager dan sales. Sehingga setiap progress yang dilakukan oleh sales akan di update dalam sistem software dan bisa dinilai oleh manager. Mulai dari informasi customer, progress, sampai dengan pencapaian dan target.

Dengan menggunakan software macam ini, manager bisa menilai dan memantau kapan saja dimana saja tanpa perlu bertatap muka. Kegiatan adminitrasi seperti penjadwalan kunjungan, pencatatan stok, absensi online, sampai dengan pelacakan posisi sales secara realtime dapat dilakukan didalamnya

Software/aplikasi sales ini memang di desain digunakan untuk meringkas dan memudahkan penilaian sales. Tanpa software dan aplikasi sales ini, penilaian bisa saja kurang efektif. Apalagi di zaman digital dan penuh teknologi seperti ini, cara konvensional tidak bisa lagi digunakan sebagai cara utama.

Beberapa fitur yang umum ada di dalam software aplikasi sales monitoring adalah :

  • Pemantauan aktivitas sales
  • Absensi Online
  • Realtime sales tracking
  • Pengecekan stock
  • Ceking status proses penjualan sales (Penawaran, Penjualan, Pembayaran)
  • Informasi pencapaian dan target sales
  • Informasi customer
  • Update informasi (informasi/pengumuman dari manager, kendala sales dsb)
  • Laporan dan grafik

Dengan fitur lengkap di atas, satu software sudah mencangkup banyak pekerjaan yang memudahkan manager dan sales dan koordinasi terkait penjualan.

Anda bisa melihat beberapa perbedaan penggunaan software sales dan pemantauan sales metode konvensional bisa Anda lihat pada kolom di bawah ini.

Perbedaan
Metode Konvensional
Via Teknologi
Cara penilaian
Offline – wawancara / laporan
Online – menggunakan aplikasi
Kebutuhan Waktu
Penggunaan waktu lebih lama untuk menilai setiap sales
Penilaian dilakukan real time dan terupdate sehingga lebih cepat
Proses penilaian
Dinilai berkala (seminggu sekali) (sebulan sekali)
Terupdate secara otomatis setiap saat sehingga pemantauan bisa dilakukan kapan saja secara real time.
Ke-efektifan
• Kurang efektif, Jika ada masalah di lapangan baru diketahui setelah ada laporan berkala.
• Manager kurang bisa bertindak mengarahkan.
• Update otomatis membuat penggunaan aplikasi lebih efektif. Masalah di lapangan diketahui lebih cepat sehingga penanganan juga lebih cepat.
• Manager bisa memberikan arahan kapan saja sesuai progress sales.
Kemudahan
Tidak cukup mudah, Apalagi jika sales memiliki jumlah banyak
Software yang cukup mudah digunakan dan membantu mempersingkat proses pemantauan sales.
Harga
Lebih mahal jika dilihat dari banyaknya waktu dan tenaga yang terbuang
Biaya aplikasi

Perbedaan pemantauan sales dengan cara konvensional dan menggunakan software sales

Jadi itulah beberapa perbedaan dari pematauan sales metode konvensional dan menggunakan software sales. Dengan memahami tabel dan cara pemantauan di atas, Anda dapat mengetahui cara mana yang tepat untuk Anda.

Monitoring Sales Dengan Aplikasi Hanoman Indonesia System

Hanoman Indonesia Sytem Salah satu aplikasi sales monitoring terlengkap yang dapat menjadi pilihan terbaik perusahaan anda, karena selain sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun, Hanoman Indonesia System memiliki beragam fitur yang sangat dibutuhkan mulai dari :

  • Absensi Online
  • Live Tracking
  • 14 Sales Report
  • Itinerary
  • HR Sytem
  • Custom Dashboard
  • FTP
  • Export CSV
  • Beragam fitur lainnya yang terus dikembangkan

Dengan fitur di atas, proses pemantauan kinerja sales lapangan akan jauh lebih mudah dan menghemat waktu sehingga pekerjaan akan terasa jauh lebih efisien. Ada pun jika anda ingin melakukan trial, cukup dengan menghubungi kami via whatsapp ataupun email melalui tombol dibawah ini. Team kami akan segera menghubungi anda dan membantu segala sesuatunya. bersama hanoman indonesia system, tingkatkan penjualan dan value perusahaan anda dengan cara yang mudah dan effisien

API key not valid, or not yet activated. If you recently signed up for an account or created this key, please allow up to 30 minutes for key to activate.

Bagikan Ke Social Media

Facebook
Twitter
LinkedIn

Baca article menarik lainya dari
Hanoman Indonesia System